Doa lewat facebook – uhm

Gue kira, gue termasuk orang yang kecanduan facebook.  Hampir setiap hari mungkin ada 5 atau 6 kali gue akan terus memantau facebook gue, memantau status teman2x gue, terus nulis komentar – komentar gue di sana.

Yang sering buat gue takjub itu, ternyata banyak buanget temen – temen gue yang berdoa di wall FB – nya.  Terus dengan bangga nya melakukan itu setiap saat.  Buat gue sendiri, agak – agak gimana gitu. Kan semestinya kalau mau berdoa begitu, bisa toh langsung tanpa orang – orang musti tau apa yang kita lakukan dan pinta kepada Yang Maha itu?

Memang sih nasihat2x orang tua dulu itu, kalau kita di doain oleh lebih dari 40 orang dengan doa yang sama, maka itu akan terkabul. Tapi kan itu biasanya kita minta orang ngedoain, bukan malah sibuk – sibuk berdoa lewat FB dengan bangganya :-(  Gerah banget gue bacanya.

Gue sih kemudian berharap, cara – cara berdoa seperti ini bukan dimaksudkan untuk kemudian membuat semua orang tau kalau kita beriman.  Atau jadi ajang show off.  Gue ingat kata – kata guru ngaji gue dahulu kala, apa yang baik yang diperbuat oleh tangan kananmu, sebaiknya jangan diketahui oleh tangan kirimu.  Berpuasa, berdoa biarlah menjadi rahasiamu dengan Allah. Dan pintamu kepada Nya, adalah urusan paling pribadi dengan Beliau.

Dan gue selalu yakin, berdialog dengan Tuhan secara langsung, gue kira tetap menjadi yang terindah.

Dan berdoa lewat facebook ……. tetap menjadi tanda tanya besar buat gue.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s