Karena Indonesia terlalu mahal untuk saya :D

Sering orang bertanya kepada saya, kenapa saya jarang sekali ingin pergi jalan – jalan keliling Indonesia. Mereka sering menyarankan saya melihat keindahan Indonesia seperti Raja Ampat, Bunaken dan tempat – tempat indah lainnya. Tentu saja, bukan saya tidak punya keinginan untuk menjelajah negara saya sendiri. Bukan saya ‘sombong’ , pingin terlihat kaya bisa jalan – jalan keluar.  Jawaban saya sederhana : “karena Indonesia itu terlalu mahal buat saya”.

Sebagai seseorang yang selalu ingin travel dengan biaya murah, tentulah saya harus membandingkan biaya yang saya keluarkan ketika saya bepergian, terutama juga karena seringnya saya bepergian sendiri, keamanan selama perjalanan juga haruslah menjadi bagian dari pemikiran saya. Jadi inti nya travelling buat saya haruslah bermoto “murah dan aman”.

Dan sayangnya itu tidak bisa saya dapakan ketika saya harus travelling di negara saya. Biaya tiket pesawat terbang yang masih jauh dari kantong, yang sering banget kalau saya bandingkan, masih lebih murah dengan perjalan ke dua atau tiga negara di Asia. Selain tiket pesawat, transportasi darat dari bandar udara ke lokasi wisata, seringlah sangat mahal, seringkali harus menyewa kendaraan (yang untuk ini juga berarti harus kembali merogoh kocek saya dalam dalam) kemudian diperparah dengan hotel yang murah atau hostel, sering tidak bisa ditemui dan kalaulah ada berarti saya haruslah mau bersaing dengan kecoa, nyamuk dan serangga serangga lain, atau yang lebih parah dengan kamar mandi yang mungkin sudah bertahun – tahun tidak pernah dibersihkan, sehingga untuk mandi atau bab haruslah berpikir seratus kali terlebih dahulu.

Sebenarnya saya bukanlah orang yang terlalu manja dengan harus tinggal di hotel – hotel mewah, saya bisa tidur nyaman di tenda. Tapi kalau itu saya lakukan, di lokasi – lokasi wisata di Indonesia, sendirian, itu seperti menyerahkan diri saya dengan suka rela untuk diperkosa. Uhmmmm….. tragis.

Terus terang, sering saya berkeinginan untuk mengunjungi tempat- tempat indah di negara saya ini. Tapi mungkin ini akan terjadi kalau rejeki saya bertambah 3 atau 4 kali lipat dari yang saya dapatkan sekarang (aamiin), atau mungkin kalau Kementerian Pariwisata di Indonesia memberikan harga ekonomis untuk tiket pesawat,  merancang  transportasi umum  yang  nyaman dan akomodasi di daerah – daerah pariwisata di Indonesia, sehingga biaya nya jauuuh lebih murah dari negara – negara tetangga, dan lebih baik juga apabila ada pendidikan bagi penduduk – penduduk di objek wisata agar lebih ramah terhadap wisatawan lokal daripada wisatawan asing atau at least sama ramahnya.

Dan percayalah, andai saja kondisi di atas terpenuhi, saya akan menjelajah pulau pulau di seluruh di Indonesia, tanpa harus menunggu adanya penugasan dari kantor seperti yang sering saya lakukan sebelumnya, bisa mengunjungi daerah2x dari Aceh sampai ke Lampung hanya karena ditugaskan kantor.

 

Leave a Reply

