Your Country Needs You – Ketika Pemilu memanggil kita

Suatu pagi, sewaktu saya dengerin radio, salah satu penyiarnya kasih info kalau di bawah lambag negara Inggris – itu ada tulisan “Your Country Needs You” – Negaramu membutuhkanmu. Kata kata yang singkat tapi maknanya dalam banget. Kebayang, kalaulah di bendera kita ada tulisan seperti itu, dan saya baca ketika saya jauuuuuhhhhh di negeri orang dan bertahun tahun tidak pulang, kekangenan saya pasti akan berlipat ganda dan sebisa mungkin pingin pulang. Wong pernah denger lagu apa ya itu judulnya yg liriknya”biarpun saya, pergi jauh, takkan hilang dari kalbu, tanahku yang kucintai, engkau kuhargai”, sewaktu di negeri orang, bisa buat saya sedih banget. Hahhahahahhaa.

Kemarin, waktu saya ikut briefing untuk persiapan kelas inspirasi – menjadi relawan untuk memberikan anak anak inspirasi, mau jadi apa mereka bila sudah besar nanti, saya kembali meraskan jatuh cita  kepada negara saya sewaktu, lagu Indonesia Raya, dinyanyikan semua yang hadir. Rasanya, saya ingin memberikan semua yang bisa saya berikan kepada negara ini. Yup terdengar lebay, tapi itu yang saya raskan saat itu. Dan meman seperti saya, pasti banyak yang mencintai negeri ini, yang akan dengan senang hati dibangkitkan jiwa dan semangatnya kalau ada surat untuk dirinya bertulis “Your Country Needs You – Negara membutuhkanmu, membutuhkan suaramu pada pemilu, membutuhkan pajakmu untuk membangun negara”.( Ah, moga moga Panitia Pemilu dan Dirjen Pajak bisa kreatif menciptakan kata kata)

Sebentar lagi – tepatnya tanggal 9 April 2014, kita masyarakat Indonesia akan kembali melakukan “pemilihan umum”, untuk memilih wakil nya di DPR. Saya sendiri seumur begini, belum pernah memilih – bukan karena enggak mau memilih – tapi karena saya yang penduduk legal, tidak pernah mendapatkan kartu pemilih – bahkan sewaktu saya tinggal di negara antah berantah dan sudah melaporkan diri saya di kedutaan RI, tetap saja saya tidak mendaptkan hak saya untuk memilih.

Saya ingat suatu saat saya pernah beradu argumentasi dengan mantan teman hidup saya, mengenai pemilu – tentang golput. Ada perkataan beliau yang bagus sekali kira kira begini – “ketika kita memutuskan menjadi golput, maka kita termasuk orang yang harusnya bertanggung jawab ketika penguasa terpilih ternyata tidak menjalankan amanatnya. Alasannya? Karena kita, sebelumnya diberikan hak istimewa untuk ikut menentukan masa depan bangsa, tapi karena tidak ada satupun calon yg kita anggap memenuhi kriteria, maka kita tidak mau memilih. Padahal kita bisa saja untuk mencoba memilih yg terbagus diantara yang terjelek, memang suara kita hanya 1, tapi bayangin apabila ada 100 juta pemilih seperti kita?

Jadi jangan kemudian malah marah melihat pemenang pemilu! Wong, kita juga enggak berusaha untuk merubahnya. Dan jangan dengan bangga hati berkata “sorry gue golput”. Karena anda, salah satu penyebab kegagalan pemilu.

Trus bagaimana ketika kita anggap tidak ada yg pantas untuk menjadi pemimpin? Kenapa tidak kita yang maju untuk mencalonkan diri? Saya baca alasan mengapa, Ahok terjun kedalam dunia politik, karena daripada hanya protes dan tidak melakukan apa apa, maka lebih baik berusaha – maju ke dunia politik. Dan lihat, apa yang beliau dan pak Jokowi lakukan? Mengapa tidak melakukan hal yang sama? Kalau tidak berani, jangan juga kemudian paling besar suara protesnya.

Tidak mampu? Ya, setidaknya lakukan sesuatu untuk lingkungan, untuk tetangga, untuk anak anak tidak mampu. Come on, doing something for your country. Lebih baik dari pada hanya menghabiskan waktu dengan protes dan mengeluh.

Your country needs you now – mari kita bersama sama sepakat untuk mengadakan perubahan, mari kita ikut memilih – mari kita melakukan perbedaan dan bukan hanya sekedar protes dan protes, yang tidak akan membuat ke adaan menjadi lebih baik. Mari kita memilih (walau harus memilih yg terbaik diantara yg terburuk ) – untuk Indonesia yang lebih baik.

So jangan lupa ya ikut memilih tgl 9 April nanti – cause your country needs you!!!

5 thoughts on “Your Country Needs You – Ketika Pemilu memanggil kita

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s