Pemimpin di hati rakyat – Surat rakyat untuk Capresnya

Tadi pagi, ketika akan berangkat ke kantor, tiba tiba saya teringat tentang berita yang saya baca kemaren tentang bagaimana seorang capres yang begitu ingin nya menang, sehingga sudah ribut akan menggugat kalau dinyatakan kalah. Begitu inginnya beliau menang dan memimpin negara ini, tapi begitu tidak percaya dirinya beliau karena sudah melakukan persiapan persiapan kalau nanti dinyatakan kalah😀

Dan ingatan saya kemudian melayang kepada almarhumah Lady Di. Mantan istri Pangeran Charles yang pernah saya anggap hanyalah perempuan yang mengandalkan kecantikkan, tetapi kemudian menjadi salah satu idola saya karena ketika beliau bercerai dengan sang pangeran dan dipaksa untuk melepaskan tahtanya, beliau dengan senyum nya yang menawan, dengan mata yang bersinar dan lemah lembut mengeluarkan pernyataan yang isinya kira kira begini “bagi saya, tidak penting tahta – jabatan sebagai putri di kerajaan, karena saya akan lebih bahagia dan bangga menjadi ratu di hati rakyat Inggris” .

Sejak saat itu, almarhum memang menjadi ratu di hati saya (agak lebay memang , tapi itu yang saya rasakan😀 ) .  Saya melihat beliau dari sisi yang lain, yang ternyata memang diantara affairnya, kasus bulimia – tapi beliau adalah perempuan terhebat yang mampu merubah image tentang istri seorang pangeran – putra mahkota kerajaan.  Pemimpin sejati yang mampu merebut hati rakyat Inggris dengan karismanya – mempergunakan kekuasaanya untuk melakukan aksi sosial – melindungi anak anak kelaparan di Afrika misalnya.

Trus apa hubungannya dengan capres ?

Menurut saya, ini adalah pemilihan presiden, pemilihan pemimpin negara besar di Indonesia. Apapun hasilnya, semestinya kedua calon pemimpin seharusnya legowo – surrender – iklas menerimanya. Dan bukan malah membuat pernyataan pernyataan yang bernada mengancam apabila hasilnya tidak sesuai dengan keinginannya.

Saat rakyat Indonesia – merasa deg deg an bukan karena hasilnya siapa yang menjadi Presiden tapi lebih karena ketakutan terjadi hal hal yang tidak diinginkan – takut akan terjadinya kekacauan apabila salah satu dari capres tidak terpilih, semestinya –  apabila capres nya merupakan pemimpin yang benar benar pemimpin – mampu untuk mengetuk hati rakyatnya agar tidak melakukan perbuatan anarkis, tidak melakukan hal hal yang akan merugikan bangsa ini, merugikan negara ini.  Mengajak rakyatnya untuk legowo, menerima apapun hasilnya dan mendukung presiden terpilih nanti untuk menjalakankan roda pemerintahan ini.

Menurut saya, yang saat ini dibutuhkan adalah, pemimpin yang mampu menyentuh hati rakyatnya untuk melakukan apa yang direncanakan untuk memajukan bangsa ini. Pemimpin dihati rakyat yang berani untuk membela harkat dan martabat bangsa ini, yang tidak akan membiarkan negara ini menjadi bual bualan negara lain. Pemimpin di hati rakyat yang berani melakukan yang terbaik bagi rakyatnya, walaupun akan dikecam oleh banyak orang. Pemimpin yang tidak memihak pada salah satu golongan tapi memihak pada rakyat banyak. Pemimpin yang tau dimana harus keras, dan dimana harus menggunakan kelembutannya.

Pemimpin yang mengembalikan Indonesia Raya, mengembalikan Pancasila dan burung Garuda (tanpa merubah makna dan warnanya), pemimpin yang mengembalikan makna “Bhineka Tunggal Ika  – berbeda beda tapi tetap satu ”  –  dimana suku, agama, ras dan antar golongan dipersatukan dalam satu ikatan yang kuat yang disebut ” Negara Kesatuan Republik Indonesia”.  Pemimpin yang berani mengakui kesalahannya, pemimpin yang sempurna di dalam ketidak sempurnaannya sebagai manusia.

Karena menurut saya, intan tetaplah intan – yang apabila didalam lumpur pun akan tetap bersinar. Begitu juga dengan pemimpin di hati rakyat – sekalipun tidak terpilih saat ini misalnya, tapi tetap saja sinarnya tidak akan mampu berhenti – tetap akan bersinar – yang suatu saat – cepat atau lambat akan menggerakkan banyak hati untuk memilihnya menjadi Pemimpin negara ini.

Jadi? Catatan saya untuk ke dua capres … apabila yakin menjadi pemimpin di hati rakyat – untuk apa takut tidak terpilih????

Salam

2 thoughts on “Pemimpin di hati rakyat – Surat rakyat untuk Capresnya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s